ANALISIS CERPEN PANGÉGÉR
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Kata kasusastraan berasal dari Bahasa Sansekerta, yaitu sastra yang berasal dari urat kata sas dan tra, dimana sas yang berarti ilmu pengetahuan. Tra
berarti piranti / alat. Jadi, sastra
berarti piranti atau alat untuk mempelajari ilmu pengetahuan. Kemudian Kata sastra mendapat awalan su, yang artinya baik serta mendapat awalan dan akhiran ka – an sehingga menjadi kasusastraan.
Kasusastraan Bali dapat ditinjau dari
dua segi yaitu secara fungsional dan secara struktural. Secara fungsional yang
termasuk kasusastraan Bali adalah karya-karya sastra Jawa Kuna yang difungsikan
dan dirasakan sebagai milik masyarakat Bali adalah termasuk ke dalam bagian
kasusastraan Bali. Sedangkan secara struktural, yang dapat dikategorikan
sebagai kasusastraan Bali hanyalah karya-karya sastra berbahasa Bali (dan Kawi
Bali) ( Agastia, 1980:8).
Secara umum kasusastraan Bali dapat
dibedakan menjadi kasusastraan Bali Purwa dan kasusastraan Bali Anyar.
Kasusastraan Bali Purwa merupakan warisan sastra Bali yang mengandung
nilai-nilai tradisional masyarakat pendukungnya. Dalam hal ini nilai-nilai
tersebut dapat dianggap unsur-unsur budaya asli/ cermin dari pola kehidupan
tradisional pendukungnya. Sedangkan sastra Bali anyar adalah sastra Bali yang
mengandung unsur-unsur masukan yang baru dari suatu kebudayaan (sastra) modern
dewasa ini seperti cerpen ( Ginarsa dan Bagus dalam Graloka, 1981:1). Dalam hal
ini cerpen pangégér ini merupakan karangan dari masyarakat asli yang mengungkap
fenomena atau kejadian yang memang ada atau nyata terdapat di masyarakat yang kemudian diangkat di jadikan sebuah
karya sastra yang menggunakan bahasa Bali lumrah. Cerita yang ditampilkan dalam
cerpen ini memiliki kemiripan dengan pengalaman pribadi dari pengarangnya.
Berbagai masalah yang ada di dalam cerpen ini apabila dikaji atau dijadikan
obyek penelitian lebih tepat dikaji.
Pengkajian cerpen diharapkan persoalan kemasyarakatan dapat diungkap
lebih jauh untuk dapat dipahami bersama-sama oleh pembacanya.
1.2 Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang
diatas, dapat dirumuskan permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini
adalah sebagai berikut:
a. Bagaimana
Struktur cerpen pangégér baik dari unsur intrinsik dan ekstrinsik?
1.3 Tujuan
1.3.1
Tujuan
Umum
Secara umum tujuan analisis ini adalah
menginformasikan lebih jauh hasil-hasil karya sastra Bali Anyar, dan bertujuan
untuk maningkatkan apresiasi sastra
dalam hal ini melestarikan dan mengembangkan karya-karya sastra Bali.
1.3.2
Tujuan
Khusus
Secara
khusus penelitian ini bertujuan untuk memahami keberadaan struktur dalam cerpen
ini baik dari unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik.
BAB
II
PEMBAHASAN
STRUKTUR
CERPEN PANGÉGÉR
2.1 Sinopsis
Luh Manik ngencolang majalan du rurunge ane srebi
lan sepi ento apang tusing ada anak nepukin, neked di arep umah maangkul-angkul
kuno, ane tuah kasunarin lampu cenik sane rem-rem, Luh Manik ngojog ka tengah
di tongos biasane yen ia teka mai, ia nyerahang tas kresek dadua sane misi
canang lan rarapan marep biang lingsir, anak lingsir ané nu ngenah jegeg lan
bersih ento nguncarang mantra-mantra saha ngetisin aturan Luh Manik, lantas
biang ngunden Luh Manik ngembus panganggone apang angsuhan mirahe macelep nganti
ke pori-pori. Luh Manik ngencolang ngelus panganggone maganti aji kamen ane
abana uli jumah. Biang lingsir laut ngambil keris cenik uli saungne, kamantrain
laut ngrajah Luh Manik uli pabahan, selagan alis, pipi, cadik, bibih, layah,
nyonyo, basang, paa nganteg ka tundun lan tlapakan batisne laut nuruhin
angsuhan soca uli sirahne nganti angsuhan toplese telah. Luh Manik égar pesan
sawirih ia suba jegeg ngabyor, ulap anake teken kajegegan Luh Manike. Gagéson
ia mapamit saha ngaturang amplop coklat maka sesari kajero biang.
Luh Manik buduh paling teken Gede Bayu mahasiswa
tehnik ane dadi mitrané suba atiban jani. Dueg ia ngengkebangpang somahne sing
curiga. Makelo-kelo ngansan ngedenang agemne, ia ngidih pipis tuah anggona
ngulurin Gede bayu uli mobil, HP terbaru kantu umah kontrakan, ia sing pati
ngerunguang somah, pianak, lan umah ap buin manyamabraya. Ipahne Luh Manik suba
nawang parisolah Luh Manik buka keto, nanging satata kabelain edaké somahné
percaya, malah nah ané ngorin ento gedegine, musuhina olih Nyoman Subrata
somahné Luh manik.
Luh Manik kakas-kekes dogen, lima lan batisne genit
sing karuan, padahal ia paling rajin manjus, ngancan wai kulitné malepuh cara
kusta, makelo-kelo meyéh cara koréng, tusing ada anak ngerunguang Luh Manik
buka keto, petengné ia sing ngidang pules, sakit, genit di awakné cara siuan
uled ané ngurik ngerikrik awakné, ditu mara ia sadar sawireh suba ngelanggar
pantangan sane suba orahina oloh jro balian disubane timpal club-né nelpun
ngajakin luh manik ka Bali Spa sane ada produk asli isin laut. Ia manjus
nganggen lumpur laut mati.
2.2 Insiden
Menurut Sudjiman yang dimaksud dengan insiden adalah
suatu kejadian tau peristiwa yang menjadi bagian yang pilah ( distinc) dari
lakuan. Ada dua macam insiden yaitu insiden pokok yang mengandung ide-ide pokok
cerita yang menjurus kesimpulan cerita kepada adanya plot, dan insiden yang
kedua yaitu insiden sampingan insiden yang menyimpang dari sebab akibat yang
logis, yang mengandung ide-ide sampingan dan karena itu menjurus atau tidak
menunjang adanya plot.
Insiden pertama dalam cerpen pangégér diawali ketika
Luh Manik mencari pangégér supaya semua orang sayang, hormat, tunduk pada Luh
Manik. Seperti tampak dalam kutipan berikut ini:
“ Sing ada anak ané kal bani tekén
ukudan Luhé, makejang sayang, ngasor, satinut.”
Terjemahan:
Tidak ada orang yang
akan berani dengan diri Luh Manik, semua sayang, hormat, menuruti Luh Manik.
Dari
kutipan diatas, jelas dilukiskan bahwa Luh Manik mencari pangégér atau susuk
bertujuan agar semua orang tidak berani dengannya, sayang, hormat, dan
mengikuti kehendaknya.
Insiden yang selanjutnya adalah setiap suami Luh
Manik pergi bekerja ia cepat-cepat pergi ke kontrkan Gede Bayu, selingkuhannya
seorang mahasiswa tehnik yang hampir setahun mendampinginya. Seperti tampak
pada kutipan berikut ini:
Gedé Bayu, mahasiswa téhnik ané
dadi mitrané suba tambis atiban jani.dueg pesan ia ngengkebang pang somahé sink
curiga. Yén somahé sube majalan ka pagaén,luh manik masih ngéncolan ka tongos
kontrakané Gedé bayuné.
Terjemahan:
Gede Bayu, Mahasiswa
tehnik yang menjadi selingkuhannya sudah hampir satu tahun selingkuh dengan Luh
Manik, ia pintar menyembunyikan agar suaminya tidak curiga. Jika suaminya pergi
bekerja, Luh Manik juga cepat-cepat ke tempat kontrakan Gede Bayu.
Insiden selanjutnya ketika kelakuan Luh Manik sudah
diketahui saudaranya namun tidak ada yang beran mengatakannya pada Nyoman
Subrata, suami Luh Manik. Karena suaminya selalu membela Luh Manik. Terdapat
dalam kutipan berikut ini:
Tingkah sénglad Luh
Manik sube ketangehan baan penyamané nangging sing ade ané juari mapiorah seken
tekén Nyoman Subrata, somahné. Mapan somahné setata mebéle, sing percaya yén
Luh manik buka kéto
Terjemahan:
Kelakuan
buruk Luh Manik sudah diketahui oleh saudaranya namun tidak ada yang berani
mengatakan sebenarnya dengan Nyoman Subrata suaminya. Karena suaminya selalu
membela, tidak percaya Luh Manik seperti itu.
Insiden selanjutnya Luh Manik yang selalu tampil cantik,
dimana-mana dipuja oleh teman-teman yang selalu diajaknya. Karena uang Luh
Manik dengan mudahnya keluar, suka menraktir dan selalu royal memberikan
hadiah. Semua temannya mengaku paling dekat dengannya namun dibalik semua itu,
semua memusuhi dan membicarakannya. Terdapat dalam kutipan berikut ini:
Luh Manik sané setata
jegég dija-dija kasumbungin baan timpal-timpalné ané biasané ajake
ngradag-ngrudug. Mapan pipisné membah, demen neraktir tur golohné ngmaang
hadiah. Diarepné, makejang ngenyor mapuare timpal paling raket, naging yén suba
mabanding tundun makejang misuhin lan ngomongin yén ia tuah lua luu ané nasibne
aget. Aget, maan ngitungan gelah anak sugih lan aget tondén ketara.
Terjemahan:
Luh
Manik yang selalu tampil cantik, dimana-mana dipuja oleh teman-teman yang
selalu diajaknya. Karena uang Luh Manik dengan mudahnya keluar, suka menraktir
dan selalu royal memberikan hadiah. Semua temannya mengaku paling dekat
dengannya namun dibalik semua itu, semua memusuhi dan membicarakannya bahwa ia
cuma wanita yang bernasib baik, beruntung dapat mengatur kepunyaan orang kaya
dan beruntung belum ketahuan.
Insiden selanjutnya ketika badan Luh Manik melepuh
karena ia sudah melanggar pantangan yang diberikan oleh jro biang, seperti
tampak dalam kutipan berikut ini:
Petengé ento ia nyilib ka Biang Lingsir.
“
Punapi mawinan tiang buka kéné Biang?”
“
Luh, suba melanggar pantangan. Yén suba kéné tiang sing nyidang ngubadin,”
Terjemahan:
Malam itu ia ke rumah Biang Lingsir
“ Apa yang menyebabkan saya seperti
ini Biang?”
“ Luh, Sudah melanggar pantangan, kalau
sudah begini saya tidak bisa mengobati”
Dari kutipan di atas tampak jelas
keresahan Luh Manik karena ia tanpa disadari sudah melanggar pantangan yang
mengakibatkan kulit Luh Manik melepuh dan tidak bisa seperti dulu lagi kulit
Luh Manik.
Insiden selanjutnya Luh Manik menyangkal telah
mengkonsumsi makanan yang berasal dari laut yang menjadi pantangannya, terdapat
dalam kutipan berikut ini:
“ Tiang ten naenin ngajeng ajengan isin laut
sekadi sané nikain Biang, jakti, tiang masumpah.” Luh Manik ngejer, sing
ngresep tekén pandikan Baliané,
Terjemahan:
“ Saya tidak merasa makan makanan yang
berhubungan dengan isi laut seperti yang diberitahukan biang, sungguh, saya
bersumpah” luh manik ketakutan, ia tidak mengerti dengan apa yang dimaksud
biang.
Insiden
selanjutnya ketika Luh manik tidak bisa tidur, karena tidak bis amenahan sakit
kulitnya yang mulai melepuh seperti luka tahunan. Terdapat dalam kutipan
berikut ini:
Petengné ia sing nyidang pules. Sakit genit
di awakné cara siuan uled ané ngurik ngerikrik awakné. Gelur-gelur ia ngaukin
somahné, nanging somahné, telpune Gede Bayu, sing guan jemaka. Luh Manik buka
anaké buduh. Uyang paling sing nyidang naanang sakitné. Kulitné ané alus, jani
suba melepuh berung cara berung tahunan, ngawi ambu bangké berek.
Terjemahan:
Malamnya
ia tidak bisa tidur. Sakit gatal dibadannya seperti ribuan ulat yang mengorek
badannya. Teriak-teriak ia memanggil suaminya, namun suaminya, Gede Bayu
dihubungi namun tidak diangkat. Luh manik seperti orang gila. Resah gelisah
tidak bisa menahan sakitnya. Kulitnya yang halus, kini berubah melepuh seperti
luka tahunan seperti bangkai yang sudah busuk.
Insiden terakhir ketika Luh Manik dihubungi Linda
teman Club-nya. Ia diajak pergi ke tempat Spa karena ada produk baru asli dari
laut. Terdapat dala kutipan berikut ini:
Telpuné mamunyi sing pegatan. Luh
Manik ngénggalang nyemak, mirib ento telpun uli Gede Bayu, utawi somahné.
Tingalina adané uli Linda timpal club-né.
“ Luh Manik, tiang suba di bali spa, énggalang mai, ada produk baru asli
isin laut ané paling daleme khasiatné lebih hebat tekén lumpur laut mati
oksidanné tinggi.”.
Terjemahan:
Suara
telpun terus berbunyi. Luh Manik segera mengambilnya, mungkin itu telpun dari
Gede Bayu atau suaminya. Dilihat namanya dari Linda teman Club-nya. “ Luh
Manik, saya sudah di Bali Spa, cepat kesini ada produk baru asli dari laut yang
paling hebat khasiatnya lebih hebat dari lumpur laut mati oksidanya tinggi.”
2.3 Alur ( Plot)
Alur ( plot ) merupakan unsur terpenting dalam
elemen karya sastra, dalam arti unsur ini memegang dominasi mempersatukan
segala unsur yang ada dalam karya sastra ( Sukada, 1987:74). Plot adalah
rangkaian peristiwa yang direka dan dijalin dengan skema, yang menggerakkan
jalan cerita melalui rumitan ke arah klimaks dan penyelesaian ( Sudjiman,
1988:4). Pada prinsip dunia fiksi haruslah bergerak dari suatu permulaan (
beginning), pertengahan ( middle), dan akhir ( ending) yang dalam dunia sastra
disebut dengan eksposisi, komplikasi, dan resolusi ( Tarigan, 1984:126).
Luxemburg, dkk ( 1989: 149) menambahkan bahwa yang disebut alur adalah
konstruksi yang dibuat pembaca mengenai sebuah deretan peristiwa yang secara
logis atau kronologis saling berkaitan dan yang diakibatkan atau dialami oleh
para pelaku.dalam dunia sastra disebut dengan aksposisi, komplikasi, dan
resolusi ( denoument)
Berbagai pendapat mengenai alur ( plot) dari para
ahli sastra tersebut pada dasarnya tidaklah saling mengalahkan satu sama lain,
akan tetapi justru saling melengkapi, karena persoalan teoritis juga menyangkut
persoalan visi dan dimensi para ahli tersebut dalam memandang suatu masalah.
Dari berbagai pendapat di atas mengenai definisi alur ( plot) serta
unsur-unsurnya, maka dapat ditarik kesimpulan atau pengertian bahwa alur (
plot) adalah rangkaian peristiwa yang direka dan dijalin dengan seksama yang diwujudkan oleh hubungan
waktu dan hubungan sebab-akibat, yang menggerakkkan cerita melalui rumitan ke
arah klimaks dan selesaian serta dialami oleh tokoh-tokoh.
Dilihat dari segi alur ( plot) cerpen pangégér ini pengarang mengawali ceritanya dengan
eksposisi, komplikasi, dan resolusi.
a. Eksposisi
Eksposisi mendasari
serta mengatur gerak yang berkaitan dengan masalah-masalah waktu dan tempat.
Disini dimulai dari perkenalan tokoh kepada pembaca, situasi para tokoh
merencanakan konflik yang akan terjadi juga memberikan indikasi melaui
resolusi. seperti berikut kutipan yang melukiskan adanya pengenalan tokoh utama
Luh Manik sebagai berikut:
“ Luh Manik ngencolang pejalane
dirurunge cenik ane srebi lan sepi. Suba saru mua, sing ada anak pati
majlawatan. Jani suba sesai liwat ditu, sing dadi tarwang jejeh masih atine.
Petenge setata ngaba tarka ane tidong-tidong, apa buin tongos ane lakar ojoga sada
serem.”
Terjemahannya:
“Luh Manik cepat-cepat
berjalan di jalan kecil yang seram dan sepi. Sudah samar-samar, tidak ada orang yang berani
lewat, meskipun sudah sering lewat disana, tidak boleh dipertaruhkan takut juga
rasanya. Malam selalu membawa prasangka yang tidak-tidak, apa lagi tempat yang
mau dituju juga seram.”
b. Komplikasi
Komplikasi merupakan
bagian tengah dari pada cerita, yang merupakan pengembangan konfliks tokoh
utama mengalami gangguan dan halangan dalam mencapai tujuannya. terdapat dalam
kutipan berikut ini:
“ Biang, tiang ampun makta
sranané,”
Terjemahannya:
“ Biang, saya sudah membawa sarananya,”
Kutipan
diatas menjelaskan bahwa tokoh Luh Manik sudah berada di rumah Jro Biang dan
menyerahkan sarana yang dibawanya yang di syaratkan Biang Jro.
Tingkah laku Luh Manik sudah tercium oleh
saudaranya, tetapi tidak ada satu orangpun yang berani memberitahukan kepada
suami Luh Manik ( Nyoman Subrata), karena ia selalu membela Luh manik jangankan
ia percaya, malah yang memberitahukan itu di musuhinya, terdapat dalam kutipan
berikut ini:
“Ia nak mula ramah timpalne liu, de
je ngawi pisuna ngorang somah tiangé ngelah mitre macem-macem gén. Ia nak
ngalih gaén nganti tenggah lemeng sing karoan ngidang muih baan sibukné. Sing
je care mbok, ngegosip, ngomongang timpal dogén,”
Terjemahannya:
“ Dia memang ramah
temannya banyak, jangan membuat gosip kalau istri saya punya selingkuhan. Ia
bekerja sampai larut malam tidak tentu bisa pulang karena saking sibuknya.
Tidak seperti mbok, cuma ngegosip, membicarakan teman saja.
Tingkah laku Nyoman Subrata ( suami
Luh manik) membuat kakaknya merasa kecewa, marah karena ia selalu membela
kelakuan Luh Manik, terdapat pada kutipan berikut ini:
“
Nah, yén Nyoman sing ngugu, mbok sing je memaksa kale yén dadi,
ngelemekin je somahé apang sing ngaé lek nyamané lénan. Nak bisnis ape kanti ke
tenggah lemeng?” Mbokné ngrimik kuciwa, sujatiné medalem adiné. Adine, buka
keboné matelusuk. ,mamelog, ape orahange tekén somahé percayaine. Mbokné narka,
adiné suba kenina data-data teken ipahné Luh Manik. Panangkeb.
Terjemahannya:
Baik
, kalau Nyoman tidak percaya, mbok tidak memaksa tetapi kalau bisa, tolong
dikasi tahu istri nyoman agar tidak membuat malu saudara yang lain. Bisnis apa
sampai larut malam seperti itu?” Merasa kecewa, sebenarnya ia kasihan kepada
adiknya. Apa yang dikatakan istrinya ia percaya.
Dalam
kutipan diatas tampak jelas kalau kakak Nyoman Subrata marah, kecewa karena
adiknya tidak percaya dengan apa yang dikatakan kakaknya kalau Luh Manik punya
selingkuhan.
Di depan Luh Manik Teman-teman
club-nya begitu memuja kecantikan Luh Manik, tetapi kalau Luh Manik sudah tidak
ada mereka membicarakan Luh manik, terdapat dalam kutipan berikut ini:
Diarepné, makejang ngenyor mapuare
timpal paling raket, naging yén suba mabanding tundun makejang misuhin lan
ngomongin yén ia tuah lua luu ané nasibne aget. Aget, maan ngitungan gelah anak
sugih lan aget tondén ketara.
Terjemahannya:
Di
depannya, semua baik seperti sudah berteman baik, tetapi kalau sudah dibelakang
Luh Manik semua membenci dan membicarakan kalau ia hanya seorang wanita yang
nasibnya beruntung dan belum diketahui perbuatannya itu oleh suaminya.
Dalam
kutipan diatas tampak jelas kalau teman-teman Luh Manik hanya suka dengan
uangnya saja, karena Luh Manik sering menraktir mereka dan suka memberi hadiah,
tetapi Luh Manik tidak tahu kalau mereka membicarakannya kalau Luh Manik itu
hanya seorang wanita yang hidupnya beruntung dan belum diketahui tingkah
lakunya itu oleh suaminya.
c. Klimaks
Titik
yang memisahkan komplikasi dengan resolusi disebut dengan turning point atau
klimaks, biasanya disinilah terdapat perubahan penting atau crucial shift dalam
nasib. Terdapat dalam kutipan berikut ini:
Tanpa disadari kulit Luh Manik mulai
melepuh, gatal-gatal, tanpa ia tahu penyebabnya, terdapat dalam kutipan berikut
ini:
Luh Manik kakas kékés dogén uli
tuni. Lima lan batisne genit sing karuan apa dadalné. uli ibi kulitné nadaksara
genit lan bintul-bintul barak.
Terjemahannya:
Luh
Manik terus saja menggaruk-garuk dari tadi. Tangan dan kakinya gatal tanpa ia
tahu penyebabnya. Dari kemarin kulitnya mendadak gatal dan bentol-bentol merah.
Dalam
kutipan di atas jelas kalau Kulit Luh Manik melepuh, gatal-gatal tanpa ia
sadari apa penyebabnya, ia sudah membawa ke dokter, tetapi dokter hanya
mengatakan kalau Luh Manik alergi, tetapi gatal-gatal kulit Luh Manik semakin
hari semakin parah.
d. Resolusi
Bagian
akhir dari fiksi, disinilah pengarang memberikan pemecahan dari semua peristiwa
yang terjadi, Cerita mulai mendapat resolusi ( denoument) ketika Luh Manik
datang ke rumah Biang Lingsir dan menanyakan apa penyebab kulit Luh Manik
seperti itu, tetapi Biang Lingsir tidak memberitahukan penyebab kulit Luh Manik
seperti itu, ia hanya diam dan tersenyum, Luh Manik sudah melanggar pantangan
yang Biang Lingsir beritahukan, terdapat dalam kutipan berikut ini:
“ Luh, suba melanggar pantangan.
Yén suba kéné tiang sing nyidang ngubadin,”
Terjemahannya:
“
Luh, sudah melanggar pantangan. Kalau sudah begini saya tidak bisa mengobati,”
Dalam
kutipan di atas tampak jelas kalau Luh Manik sudah melanggar pantangannya,
disana Luh Manik tampak sedih dan bingung ketika biang lingsir mengatakan kalau
ia tidak bisa mengobati penyakit itu dan meminta kepada Luh Manik agar berdoa
supaya Hyang Widhi memberi pengampunan kepada Luh Manik. Dan ketika teman Luh
Manik menghubunginya untuk datang ke bali spa karena disana ada produk asli
laut disanalah Luh Manik menyadari kalau ia sudah pernah mandi lumpur laut yang
membuat kulit luh manik melepuh dan tidak bisa diobati.
2.4 Tokoh dan penokohan
Tokoh adalah pelaku cerita atau pemeran cerita.
Sedangkan penokohan adalah cara pengarang dalam melukiskan atau menggambarkan
watak tokoh sebuah cerita. (Esten. 1978:27) menyatakan bahwa dari segi
perwatakan, ada perwatakan yang melukiskan tokoh utama yang terlibat dan
umumnya dikuasai oleh serangkaian peristiwa, tokoh sekunder yang berperan dalam menghadapi tokoh utama
dalam membangun cerita dan tokoh komplementer/ pelengkap berperan membantu
kelancaran gerak tokoh utama dan tokoh sekunder dalam cerita.
Dalam cerpen pangégér ini, tokoh Luh Manik menempati
posisi yang dominan dalam keseluruhan ceritanya atau tokoh pusat ( central
figure). Jadi dapat dikatakan bahwa tokoh ini merupakan tokoh utama dalam
cerita ini.
Tokoh-tokoh yang menduduki posisi sebagai tokoh
sekunder adalah Nyoman Subrata ( suami Luh Manik), kakak Nyoman Subrata ( Ipar
Luh Manik), Jro Biang, Linda.
Tokoh-tokoh yang menduduki posisi sebagai tokoh
komplementer/ pelengkap tidak diuraikan secara lengkap dimensi psikologis,
fisiologis, dan sosiologisnya hanya akan disebut namanya saja seperti Gede
Bayu.
Analisis tokoh dan penokohan ini akan dimulai dari tokoh
utama Luh Manik. Tokoh Luh Manik yang dihadirkan pengarang sebagai wanita yang
sombong, senang berfoya-foya, memakai ilmu hitam dan suka selingkuh. Terdapat
dalam kutipan berikut ini:
Ø Sombong
“
Nyén ané kal bani teken déwékné jani.
Matuané, somahné, ipahné. Luh Manik makenyem bungah.”
Terjemahannya:
“
Siapa yang akan berani denganku sekarang, mertua, suami, ipar. Luh Manik
tersenyum lebar.”
Ø Senang
berfoya-foya
“
Luh Manik sané setata jegég dija-dija kasumbungin baan timpal-timpalné ané
biasané ajake ngradag-ngrudug. Mapan pipisné membah, demen neraktir tur golohné
ngmaang hadiah.”
Terjemahannya:
“ Luh Manik yang selalu tampil cantik,
dimana-mana dipuja oleh teman-teman yang selalu diajaknya. Karena uang Luh
Manik dengan mudahnya keluar, suka menraktir dan selalu royal memberikan
hadiah.”
Ø Suka memakai ilmu hitam
“ Akebyasan tan bina
kadi Ida Pranda Istri. Rambutné ané mauban, makeling mabusana putih bersih.
Nanging sujatiné, dané boya ja pranda istri. Dané tuah balian , jero balian
tongos anaké ngrereh ketenangan ati rikala nemu pikobet ané tan prasida
kapuputang sacara sekala, muah nunas ané lén-lénan sakadi Luh Manik buka jani.”
Terjemahannya:
“
Sepintas, seperti Ida Pranda Istri. Rambutnya ditumbuhi uban dan memakai busana
putih bersih, namun sebenarnya, ia bukanlah Pranda Istri, ia hanyalah seorang
balian, Jro balian tempat dimana orang-orang mencari ketenangan disaat
menemukan masalah dan tidak dapat diselesaikan secara sekala, dan meminta yang
lainnya seperti Luh Manik saat ini.”
Ø Senang
selingkuh
“
Gedé Bayu, mahasiswa téhnik ané dadi mitrané suba tambis atiban jani.dueg pesan
ia ngengkebang pang somahé sink curiga.”
Terjemahannya:
“
Gede Bayu, mahasiswa tehnik yang menjadi selingkuhannya sudah hampir setahun
sekarang. Pintar sekali ia menyembunyikan dari suaminya agar tidak curiga.”
Tokoh berikutnya yaitu Nyoman Subrata
(Suami Luh Manik), tokoh yang dihadirkan pengarang bersifat polos, lugu,selalu
percaya dengan istrinya, terdapat dalam kutipan berikut ini:
“Ia nak mula ramah
timpalne liu de je ngawi pisuna ngorang somah tiangé ngelah mitre macem-macem
gén. Ia nak ngalih gaén nganti tenggah lemeng sing karoan ngidang muih baan
sibukné?
Terjemahannya:
“
Dia memang ramah temannya banyak, jangan membuat gosip kalau istri saya punya
selingkuhan. Ia bekerja sampai larut malam tidak tentu bisa pulang karena
saking sibuknya.
Tokoh berikutnya yaitu Biang Lingsir,
tokoh yang dihadirkan pengarang sebagai balian, tempat orang-orang mencari
ketenangan atau sedang menghadapi masalah yang tidak bisa diselesaikan secara
akal sehat dan yang lainnya. Terdapat dalam kutipan berikut ini:
“ Biang lingsir ngambil
keris cenik uli saungné, kamantrain laut ngrajah Luh Manik uli pabahan, selagan
alis, pipi, cadik, bibih, layah, nyonyo, basang, paa, nganteg ka tundun lan
tlapakan batisné, laut nuruhin angsuhan soca uli sirahné nganti angsuhan di
toplésé telah.”
Terjemahannya:
“Biang
Lingsir mengambil keris kecil dari sarungnya, diisikan mantra dan ngrajah Luh
Manik dari ubun-ubun, alis, pipi, rahang, bibir, lidah, payudara, perut, paha,
sampai dipunggung dan telapak kaki, sambil ditumpahkannya air cucian soca dari
kepalanya sampai air cucian ditoples habis.”
Tokoh berikutnya yaitu ipar Luh Manik,
tokoh yang dihadirkan pengarang sebagai seorang kakak yang peduli terhadap
adiknya yang dihianati oleh istrinya, terdapat dalam kutipan berikut ini:
“ Nah, yén Nyoman sing ngugu, mbok sing je
memaksa kale yén dadi, ngelemekin je somahé apang sing ngaé lek nyamané lénan.
Nak bisnis ape kanti ke tenggah lemeng?” Mbokné ngrimik kuciwa, sujatiné
medalem adiné.
Terjemahannya:
Baik
, kalau Nyoman tidak percaya, mbok tidak memaksa tetapi kalau bisa, tolong
dikasi tahu istri nyoman agar tidak membuat malu saudara yang lain. Bisnis apa
sampai larut malam seperti itu?” Merasa kecewa, sebenarnya ia kasihan kepada
adiknya.
Demikianlah penokohan dalan cerpen
pangégér, antara tokoh utama, sekunder, dan komplementer saling membantu atau
mengisi demi terwujudnya sebuah alur cerita yang baik dan utuh. Di samping itu
keberadaan penokohan inipun menunjang keberadaan tema dalam sebuah cerita.
2.5 Latar
Latar ( setting) dalam sebuah fiksi bukan hanya
sekedar background akan tetapi hal-hal yang hakiki dari suatu wilayah, sampai
pada macam debunya, latar merupakan unsur yang paling terpenting, terjadinya
erat dengan karakter, tema, serta suasana cerita ( Soemardjo dan Salni K.M,
1988:75-76).
Latar (
Setting) adalah gambaran tempat dan waktu atau segala situasi di tempat
terjadinya peristiwa. Sebuah latar bukanlah sekedar pelukisan waktu dan tempat,
pelukisan sebuah latar yang baik tergantung pada kekuatan diri pengarang
melukiskannya ( Hutagulung: 1967, 102-103)
Dalam cerpen pangégér ini, pengarang menampilkan
latar tempat yang ada di jalan menuju rumah Jro Biang. Unsur waktu yang
digunakan pengarang, seperti yang dilukiskan pada kutipan di bawah ini:
Luh manik ngéncolang pajalané di
rurunge cenik ané srebi lan sepi. Suba saru mua, sing ada anak pati majlawatan.
Japi suba sesai liwat ditu, sing dadi tarwang jejeh masih atiné. Petengé setata
ngaba tarka ané tidong-tidong, apabuin tongos ané lakar ojoga sada serem. Neked
di arep umah maangkul-angkul kuno, ané tuah kasunarin lampu cenik, akebyasan ia
marasa bari-bari, enga-anga sakéwala pamuputné mecelep masih ke tengah. Umah sadarana
ento masih sepi, rem-rem.
Terjemahannya:
“Luh Manik cepat-cepat
berjalan di jalan kecil yang seram dan sepi. Sudah samar-samar, tidak ada orang yang berani
lewat, meskipun sudah sering lewat disana, tidak boleh dipertaruhkan takut juga
rasanya. Malam selalu membawa prasangka yang tidak-tidak, apa lagi tempat yang
mau dituju juga seram. Sesampainya di depan rumah sederhana yang diterangi
lampu kecil, ia merasa takut tetapi ia masuk ke dalam rumah itu.”
Dari
kutipan diatas tampak jelas menggambarkan suasana malam hari yang sepi, sunyi,
seram.
Latar berikutnya adalah di rumah Luh
Manik, dimana Luh Manik merayu suaminya agar diberikan uang untuk memenuhi
kebutuhannya, terdapat dalam kutipan berikut ini:
“ Bli, tiang perlu pipis lakar
anggo meli Blackberry ané terbaru, apang
nyidang skipingan ngajak timpal tiangé di jakarta,” keto abetné manying di
pasaréan.
Terjemahannya:
“ Bli, saya perlu uang
untuk membeli Blackberry yang terbaru, agar bisa skipingan dengan teman saya di
jakarta,” dia terlihat manja di tempat tidur.
Dalam
kutipan di atas tampak jelas menggambarkan suasana malam hari dan berada di
tempat tidur bersama suami Luh Manik.
Latar berikutnya adalah malam hari
saat Luh Manik akan ke rumah Jro biang ketika kulit luh manik melepuh, terdapat
dalam kutipan berikut ini:
Petengé ento ia nyilib ka Biang
Lingsir.
Terjemahannya:
Malam
itu ia pergi ke rumah Biang Lingsir.
Dalam
kutipan di atas, tampak jelas yang menjadi latar tempat insiden yaitu di rumah
Biang Lingsir ketika malam hari.
Bedasarkan beberapa uraian di atas
mengenai latar (setting) dalam cerpen di atas maka dapat dikatakan bahwa latar
yang terdapat dalam cerpen ini sangat membantu pengarang untuk membangkitkan
suasana peristiwa yang terjadi dalam cerpen ini seperti benar-benar ada di
suatu tempat.
2.6 Tema
Sumardjo dan saini K.M ( 1988:56-57) mengatakan
bahwa Tema adalah ide sebuah cerita. Pengarang dalam menulis ceritanya bukan
sekedar mau bercerita, tetapi mau mengatakan sesuatu kepada pembacanya. Sesuatu
yang mau dikatakannya itu bisa suatu masalah kehidupan, pandangan hidupnya
tentang kehidupan ini atau komentar tentang kehidupan ini.pengarang mempunyai
niat untuk menyampaikan nilai-nilai hidup yang berguna bagi pembaca, seperti
kesetiaan cinta, dan masalah sosial lainnya lalu diabstraksikan ke dalam
karyanya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tema merupakan ide pokok atau ide
utama sebuah cipta sastra yang dijadikan dasar oleh pengarang yang dapat
diungkapkan secara eksplisit maupun implisit.
Berangkat dari pengertian-pengertian diatas,maka
dapat ditentukan bahwa yang menjadi tema dalam cerpen pangégér ini adalah “ Tenggelam dalam kegelapan ilmu hitam”. Ilmu
hitam merupakan suatu aliran sesat yang dapat digunakan untuk menyelesaikan
masalah dengan jalan pintas seperti dalam cerita diatas tokoh Luh Manik yang
diceritakan sebagai seorang perempuan yang mencari pangégér agar tidak ada yang
berani pada dirinya.
2.7 Amanat
Amanat menurut Sudjiman ( 1988: 5) adalah gagasan
yang mendasari karya sastra, pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada
pembaca atau penikmat sastra. di dalam karya sastra modern amanat ini biasanya
tersirat tetapi dalam karya lama biasanya tersurat. Lebih lanjut kridalaksana (
1982: 10) mengatakan bahwa amanat adalah keseluruhan makna / isi wacana, konsep
dan perasaan yang hendak disampaikan pembicara untuk dimengerti dan diterima
pendengar.
Pesan yang ingin disampaikan pengarang lewat cerpen ini
yaitu: Apabila ingin menjadi seorang wanita yang cantik, yang mempesona bagi
setiap pria atau laki-laki jangan sekali-sekali menggunakan cara yang tidak
dibenarkan misalnya seperti yang dilakukan tokoh dalan cerpen diatas Luh Manik,
namun menjadilah seorang wanita yang cantik dari dalam yaitu kepribadiannya.
Apabila menggunakan cara yang tidak benar seperti yang dilakukan Luh Manik maka
dapat menyakiti diri sendiri pada akhirnya dan menyebabkan penyesalan
dikemudian hari. Dari kutipan diatas tampak jelas bahwa setiap perbuatan pasti
akan ada karmanya yang harus kita terima. Baik yang kita perbuat maka baik pula
yang kita terima, jelek yang kita perbuat maka jelek pula yang kita terima.
Kita harus mengambil hikmah dari semua yang terjadi baik pada diri kita sendiri
maupun orang lain.
BAB
III
Analisis sosiologi dari cerpen pangégér
Aspek-aspek yang akan
diuraikan dalam analisis sosiologi ini merupakan suatu tinjauan yang sangat
penting dalam menetapkan kerangka penilaian pemikiran sosiologi sastra. Dimana
aspek tersebut merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari sosial
masyarakat, yang tumbuh dan berkembang di dalam masyarakat yang kemudian mampu
memberi corak beragam dalam kehidupan masyarakat itu sendiri. Berdasarkan
paparan konsep di atas, maka berikut ini akan diuraikan mengenai beberapa aspek
sosiologis yang terangkum dalam cerpen pangégér.
3.1 Aspek agama
Aspek agama merupakan aspek utama dalam
kehidupan manusia, dimana aspek ini mampu memberikan kebenaran kepada manusia
mengenai sesuatu yang tidak dapat dijabarkan oleh panca indra dan nalar manusia
yang nantinya dapat memberikan keyakinan
tentang sesuatu tersebut. Perbuatan yang dilakukan Luh Manik dalam cerpen
diatas adalah perbuatan yang dilarang agama yang menggunakan ilmu hitam untuk
menarik perhatian dan kasih sayang dari suami taupun orang- orang terdekatnya. Ajaran
agama ini sangat meresap dan mengakar dalam setiap pribadi manusia, sehingga
tidak jarang ajaran agama ini juga menjadi suatu inspirasi untuk melahirkan
sebuah karya sastra.
3.2 Upacara (Ritual)
Pada saat Luh Manik datang kerumah Jro
Balian, disana ditemukan ada canang sari, rarapan gula kopi, roti, banten,
manisan, buah-buahan, berisi dupa, cendana dan menyan, disana juga terdapat topeng
rangda, keris-keris dan patung dewi kwan im. Disana dilakukan Ritual atau
upacara untuk membuat Luh Manik cantik tiada tertandingi, disana ada proses
pengrajrahan pada diri Luh Manik.
3.3 Aspek Magis
Magi berasal dari bahasa yunani Mageta yang berarti ilmu sihir atau ilmu
gaib. Sesuatu atau cara tertentu yang diyakini dapat menimbulkan kekuatan gaib,
sehingga oleh karenanya dapat menguasai alam sekitar, termasuk alam pikiran
maupun tingkah laku manusia. Magi dibedakan antara magi putih dan magi hitam. Magi
putih yaitu bila ilmu gaib ini dipergunakan untuk mencapai tujuan baik,
sedangkan magi hitam adalah bila kekuatan gaib itu digunakan untuk hal yang
tidak baik.
Dalan cerpen pangégér ini penggunaan
ilmu hitam tampak pada Luh Manik yang mencari pangégér agar orang-orang sayang,
menuruti kata-katanya baik itu suami, mertua, ipar dan orang-orang yang
mengenal Luh Manik. Seperti tampak dalam kutipan berikut ini:
“ Biang, tiang ampun
makta sranané,” munyinne sada alon, saha nyerahang tas krésék dadua. Tas krésék
putih cenik lan tas kresek misi canang lan rarapan.
Terjemahannya:
“
Biang, saya sudah membawa srananya,”
suaranya pelan, sambil menyerahkan kantong plastik putih kecil dua buah
yang berisi canang dan rarapan.
Dalam
kutipan diatas tampak jelas kalau Luh Manik sedang berada di rumah Biang Jro
dan menyerahkan semua sarana yang dibawanya baik itu canang dan rarapan untuk
memenuhi persyaratan agar ia menjadi cantik dan tidak terkalahkan oleh
siapapun.
3.4 Aspek sosial kemasyarakatan
Menurut Ali (kamus lengkap Bahasa
Indonesia Modern) sosial berarti segala sesuatu mengenai masyarakat:
Kemasyarakatan, suka memperhatikan kepentingan umum, suka menolong, dan
sebagainya.
Dalam cerpen pangégér ini, kakak Nyoman
Subrata sangat peduli dengan adiknya, karena adiknya sudah terkena pengaruh
istrinya sehingga ia tidak bisa melihat yang baik dan yang buruk serta benar
atau salah tingkah laku istrinya itu.
BAB
IV
SIMPULAN
DAN SARAN
4.1 Simpulan
Dari
Uraian analisis cerpen Pangégér diatas, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1.
Insiden
Peristiwa
bermula dari Luh Manik Mencari Pangégér supaya tidak ada yang berani dengan
diri Luh Manik, Luh Manik memiliki selingkuhan benama Gede Bayu, sudah hampir
satu tuhan namun suami Luh Manik tidak mengetahuinya. Ketika kakak Nyoman
Subrata (suami Luh Manik) memberitahu kalau Luh Manik mempunyai selingkuhan
Nyoman Subrata tidak percaya, malah kakaknya dimusuhi dan dianggap
menjelek-jelekan istrinya. Suatu ketika kulit Luh Manik melepuh seperti luka
tahunan, disana ia baru menyadari kalau ia sudah melanggar pantangan yang
diberitahu oleh biang lingsir, Luka Luh Manik itu tidak bisa diobati dengan
cara apapun.
2.
Bentuk alur yang digunakan
Di
dalam cerpen ini memakai alur maju yang awalnya dimulai dengan perkenalan tokoh
Luh Manik yang mencari pangégér yang kemudian ada konflik antara suami Luh
Manik dengan kakanya, selanjutnya akibat Luh Manik melanggar pantangan Biang
Lingsir Kulit Luh Manik melepuh seperti luka tahunan, dan akhirnya
penyelesaian, penyelesaian dengan Luh Manik datang ke rumah Biang Lingsir namun
Biang Lingsir sudah tidak bisa mengobati luka Luh Manik.
3.
Tokoh dan Penokohan
Tokoh-tokoh
cerpen pangégér ini diantaranya adalah tokoh utama Luh Manik sendiri dengan
watak sombong, senang berfoya-foya, memakai ilmu hitam dan suka selingkuh.
Sebagai tokoh sekunder yaitu Nyoman Subrata (Suami Luh Manik), kakak Nyoma
Subrata (ipar Luh Manik), Biang Lingsir, dan Linda teman club Luh Manik.
4.
Latar (Setting)
Latar
tempat yang digunakan dalam cerpen ini adalah di rumah Biang Lingsir dan di
rumah Luh Manik sendiri.
5.
Tema
Cerpen
yang berjudul pangégér ini bertemakan “ Tenggelam dalam kegelapan ilmu hitam”. Ilmu hitam merupakan
suatu aliran sesat yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan jalan
pintas seperti dalam cerita diatas tokoh Luh Manik yang diceritakan sebagai
seorang perempuan yang mencari pangégér agar tidak ada yang berani pada
dirinya.
6. Amanat
Pesan
yang terkandung dalam cerpen pangégér apabila ingin menjadi seorang wanita yang
cantik, yang mempesona bagi setiap pria atau laki-laki jangan sekali-sekali
menggunakan cara yang tidak dibenarkan misalnya seperti yang dilakukan tokoh
dalan cerpen diatas Luh Manik, namun menjadilah seorang wanita yang cantik dari
dalam yaitu kepribadiannya.
7. Aspek
agama
Ajaran
agama ini sangat meresap dan mengakar dalam setiap pribadi manusia, sehingga
tidak jarang ajaran agama ini juga menjadi suatu inspirasi untuk melahirkan
sebuah karya sastra. Perbuatan yang
dilakukan Luh Manik dalam cerpen diatas adalah perbuatan yang dilarang agama
yang menggunakan ilmu hitam untuk menarik perhatian dan kasih sayang dari suami
taupun orang- orang terdekatnya.
8. Upacara
(Ritual)
Pada
saat Luh Manik datang kerumah Jro Balian, disana ditemukan ada canang sari,
rarapan gula kopi, roti, banten, manisan, buah-buahan, berisi dupa, cendana dan
menyan, disana juga terdapat topeng rangda, keris-keris dan patung dewi kwan
im. Disana dilakukan Ritual atau upacara untuk membuat Luh Manik cantik tiada
tertandingi, disana ada proses pengrajrahan pada diri Luh Manik.
9. Aspek
magis
Dalan
cerpen pangégér ini penggunaan ilmu hitam tampak pada Luh Manik yang mencari
pangégér agar orang-orang sayang, menuruti kata-katanya baik itu suami, mertua,
ipar dan orang-orang yang mengenal Luh Manik.
10. Aspek
sosial kemasyarakatan
Dalam
cerpen pangégér ini, kakak Nyoman Subrata sangat peduli dengan adiknya, karena
adiknya sudah terkena pengaruh istrinya sehingga ia tidak bisa melihat yang
baik dan yang buruk serta benar atau salah tingkah laku istrinya itu.
4.2 Saran
Penulis menyadari tugas ini jauh
dari sempurna karena keterbatasan pengetahuan dalam penyusunan analisis ini,
semua masukan dari pembaca baik itu kritik ataupun saran yang sifatnya
membangun dam memperbaiki demi kelancaran tugas ini dan menjadikan acuan untuk
kedepannya.
DAFTAR PUSTAKA
Cerpen
Bahasa Bali. Pangégér
Mandasari
, Apriliana Kadek. 2007. Novel GNNA Analisis sosilogi Sastra.
Universitas Udayana: Denpasar.
Antara,
IGP. 2005. Sastra bali purwa, Teori Apresiasi Pembinaan
Bahasa Bali Gending Kidung Karya sastra-sastra cermin Sosial Budaya. Singaraja: Deskripsi Pengajaran Sastra Bali
Purwa D2 PGSD (KELAS KONSENTRASI ) IKIP NEGERI SINGARAJA.
Antara,
IGP. Prosa fiksi bali,
Yayasan Gita Wandawa, Singaraja 2011
Ginarsa,
Ketut Dkk. 1981. Struktur Novel dan Cerpen
Sastra Bali Modern.
Tarigan,
DR. Henry Guntur. 1984. Prinsp-prinsip
Dasar Sastra. Bandung Angkasa
Chulsum
,Umi & Windy Novia. 2006 . Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya :
kashiko.
Soemardjo,
Jakob & Saini K. M . 1988 . Apresiasi
Kesusastraan . Jakarta : PT. Gramedia.
LAMPIRAN
Pangégér
Luh manik ngéncolang pajalané di
rurunge cenik ané srebi lan sepi. Suba saru mua, sing ada anak pati majlawatan.
Japi suba sesai liwat ditu, sing dadi tarwang jejeh masih atiné. Petengé setata
ngaba tarka ané tidong-tidong, apabuin tongos ané lakar ojoga sada serem.
Neked di arep umah maangkul-angkul
kuno, ané tuah kasunarin lampu cenik, akebyasan ia marasa bari-bari, enga-anga
sakéwala pamuputné mecelep masih ke tengah. Umah sadarana ento masih sepi,
rem-rem.
Tuah ada cicing selem ané pules diarepan
balé delod, sing rungu teken petekané. Luh Manik ngojog ka tengah, di tongos
biasané yen ia teka mai.
“ Biang, tiang ampun makta sranané,”
munyinne sada alon, saha nyerahang tas krésék dadua. Tas krésék putih cenik lan
tas kresek misi canang lan rarapan.
Anak lingsir ané kaukina Biang, tuah
makenyem alus uli tongosné malinggih, di lungka-lungka cenik matumpuk dadua ané
suba lusuh. énggal periksane, laut ngaturang canang lan rarapan ané abane tekén
Luh Manik. Anak lingsir ané nu ngenah jegég lan bersih ento nguncarang
mantra-mantra saha ngetisin aturan Luh Manik.
Akebyasan tan bina kadi Ida Pranda
Istri. Rambutné ané mauban, makeling mabusana putih bersih. Nanging sujatiné,
dané boya ja pranda istri. Dané tuah balian , jero balian tongos anaké ngrereh
ketenangan ati rikala nemu pikobet ané tan prasida kapuputang sacara sekala,
muah nunas ané lén-lénan sakadi Luh Manik buka jani.
Di arepané matumpuk canang sari,
banten, rarapan gula kopi, roti, manisan, buah-buahan misi dupa ngendih
ngampehang bon cenana lan menyan. Di plangkiran gedé ané mapasang adawan
dinding, majéjér tapél rangda makudang rerajahan, keris-keris, patung déwi kwan
im, singa lan daksina mapayas bungan jepun, cempaka lan pucuk barak ané suba
ngancan layu.
Luh Manik, matédoh di tikehé itep
ningehang mantra-mantra sané uncaranga teken jero balian ané kaukina Biang
Lingsir, japi sujatiné ia sing ngresep artiné.
Luh Manik suba sesai teka mai.
Nyabran rerahinan napak Kajeng Kliwon nyitan. Yén ia teka tengainé, biasané ia
makacamata selem. Tuah cunguh lan bibihné dogén ané ngenah. Sakéwala sesaian ia
teka di sandyakalané buka jani apang sing matemu anak lén di marginé.
Uli tangkepné, ngenah pesan yén Luh
Manik boya ja anak luh awagan. Panganggoné melah, uli bok nganti jerijiné
ngenah mapiara lan apik. Tas gedé ané abana pastika mael, keto masih
barang-barang ané anggona.
Nepukin ia negak matédoh di tikeh
pandané ane suba buuk lan uék, rasané senglad pisan. Pantesné ia sing ja nongos
dini, kéwala di mal utawi minab di kantor-kantor gedé ané mewah lan élit. Apa
ané saratanga di tongosé ané srebi, remrem buka kené?
“ Luh, mai paekang déwéké. Embus
jani panganggoné apang angsuhan mirahé macelep nganti kapori-poriné,” Biang
Lingsir sada kenyung mapiteh uli kasuré, nabdabang toplés misi angsuhan
soca-soca, bunga menuh lan sarana lén. Luh Manik, ngéncolang ngelésang
panganggoné, meganti aji kamen ané suba abana uli jumah. Bokné ané mawarna
barak kacoklatan gambahanga.
Biang lingsir ngambil keris cenik
uli saungné, kamantrain laut ngrajah Luh Manik uli pabahan, selagan alis, pipi,
cadik, bibih, layah, nyonyo, basang, paa, nganteg ka tundun lan tlapakan
batisné, laut nuruhin angsuhan soca uli sirahné nganti angsuhan di toplésé
telah.
“ Nah, Luh nak suba jegég ngabyor,
ulap anaké teken kajegégan Luhé. Somah Luhé, sing kal bani nyeledét anak luh
lénan buin. Da ja kal nyeledét, mapineh dogén suba sing bani pangrerés sukmané
nak suba tingkatan paling tinggi nyen éné. Sing ada anak ané kal bani tekén
ukudan Luhé, makejang sayang, ngasor, satinut. Kéwala ingetang sajan nyanan
Luh, pantanganné yén Luh kanti engsap biang sing nyidang kal nulungin nah, né
srananv melahang sajan nyanan ngejang apang silib.”
“ Inggih Biang.”
Luh Manik, égar pesan. Gegéson ia
mapamit saha ngaturang amplop coklat maka sesari kajero balian.
Nyén ané kal bani teken déwékné
jani. Matuané, somahné, ipahné.
Luh Manik makenyem bungah.
“
Bli, tiang perlu pipis lakar anggo meli
Blackberry ané terbaru, apang
nyidang skipingan ngajak timpal tiangé di jakarta,” keto abetné manying di
pasaréan. Somahné, ané suba lélor tuah masaut bawak.
“ Nah, jemak di brankasé….”
“ Tiang masih perlu kal anggon arisan,
anggon mayah bungan kartu krédit, ka salon masang bulu mata…”
Somahné maanggutan, sing bani
ngorang apa. Luh Manik ngelut somahné, matingkah angen tresna nanging di
kenehné tuah Gedé bayu ané marawat.
Gedé Bayu, mahasiswa téhnik ané dadi
mitrané suba tambis atiban jani.dueg pesan ia ngengkebang pang somahé sink
curiga. Yén somahé sube majalan ka pagaén,luh manik masih ngéncolan ka tongos
kontrakané Gedé bayuné. Japi yén saihang umurné kelihan buin limang tiban tekén
Gedé Bayu,nangging penampillan Luh Manik kadi anak bajang. Adung tekén Gedé
Bayu ané bagus genjing. Luh Manik kasemaran, buduh paling tekén Gedé Bayu.
Sekancan penangih Gedé Bayu uluriné. Mobil, Hp terbaru,kanti umah kontrakan.
Telah pipisné tuah anggone méanin mitrané ento.
Luh Manik ngancan Gedé agemné. Sing
pati ngerunguang pianak,somah lan umah,ape buin urusan menyame braye. Semengan
sube megedi, tengai lemeng mre mulih. Alasané ngrus bisnis. Bisnis ape
kadén.somahné sing taén metakon ia tuah demen mapan somahné sube dadi wanita
karier ané sing tuah ngoyong, mebalih sinétron dogén jumah.
Tingkah sénglad Luh Manik sube
ketangehan baan penyamané nangging sing ade ané juari mapiorah seken tekén
Nyoman Subrata, somahné. Mapan somahné setata mebéle, sing percaya yén Luh
manik buka kéto.
“Ia nak mula ramah timpalne liu de
je ngawi pisuna ngorang somah tiangé ngelah mitre macem-macem gén. Ia nak
ngalih gaén nganti tenggah lemeng sing karoan ngidang muih baan sibukné? Sing
je care mbok, ngegosip, ngomongang timpal dogén,” keto abetné memedih nengkik
mbokné, mare ortange yén ia mare katemu Luh manik di mal ngajak anak muani
lénan buka akitan pengantén baru.
“
Nah, yén Nyoman sing ngugu, mbok sing je memaksa kale yén dadi,
ngelemekin je somahé apang sing ngaé lek nyamané lénan. Nak bisnis ape kanti ke
tenggah lemeng?” Mbokné ngrimik kuciwa, sujatiné medalem adiné. Adine, buka
keboné matelusuk. ,mamelog, ape orahange tekén somahé percayaine. Mbokné narka,
adiné suba kenina data-data teken ipahné Luh Manik. Panangkeb.
Sasukat ento sink ade nyamé ané bani
mapiorah tekén tingkah Luh manik. Edaké somahné percaye, malah nak ané ngorin
ento gedengine, musuhine.
Luh Manik sané setata jegég
dija-dija kasumbungin baan timpal-timpalné ané biasané ajake ngradag-ngrudug.
Mapan pipisné membah, demen neraktir tur golohné ngmaang hadiah.
Diarepné, makejang ngenyor mapuare
timpal paling raket, naging yén suba mabanding tundun makejang misuhin lan
ngomongin yén ia tuah lua luu ané nasibne aget. Aget, maan ngitungan gelah anak
sugih lan aget tondén ketara.
Luh Manik kakas kékés dogén uli
tuni. Lima lan batisne genit sing karuan apa dadalné. Padahal ia paling rajin
manjus. Uli manjus biasa nganti manjus nganggo susu lan lumpur uli laut mati
ané orahanga kaya mineral ané ngawi kulit dadi alus. Paling sing, pang pindo
abulan ia manjus lumpur uli laut mati ané suba kasub di kalangan timpal-timpal club-né. Sajaan, kulit Luh Maniké alus,
putih bersih sakadi kulit raré mara lekad. Sakewala, uli ibi kulitné nadaksara
genit lan bintul-bintul barak. Suba abana ka dokter, nanging doktere ngorang
tuah alérgi, yén suba kapupurin kal ilang genitné. Ngancan wai, kulitné malepuh
cara kusta, makelo-kelo meyéh cara koréng. Luh Manik nu nyidang ngengkebang,
mapan korengé ento tuah di awakné ané sipeng.
Buin abana ka dokter. Dokteré tuah
ngamaang ubad ané tebusa mael-mael, nanging sakitné ngancan nyangetang. Jani
suba kanti muané bentol-bentol cara giat buang ané mabatu. Luh Manik lek pesan.
Suba kudang wai ia sing juari pesu.
Petengé ento ia nyilib ka Biang
Lingsir.
“ Punapi mawinan tiang buka kéné
Biang?”
Yéh peningalané paketeltel di
pabinanné. Disubané balina, jero balian tuah kitak-kituk.
“ Luh, suba melanggar pantangan. Yén
suba kéné tiang sing nyidang ngubadin,”
“ Tiang ten naenin ngajeng ajengan
isin laut sekadi sané nikain Biang, jakti, tiang masumpah.” Luh Manik ngejer,
sing ngresep tekén pandikan Baliané,
“ Dong inget-ingetan, mirib Luh taén
madaar ané ada hubunganné teken isin pasihé.”
“ Nenten Biang, Sampunang ja ngajeng
isin pasih ka pasih manten tiang nénten naenin.”
“ Yen suba kéné, tuah nunas ica ting
Sang Hyang Widhi Wasa nyén nawang Ida ngicén pangampura Luh.”
Jero Balian makenyem alus,
ngenyitang dupa memantra komat-kamit, ngetisin tirta ka déwék Luh Maniké ané
prajani makebyosbyos belus mapeluh.
Luh Manik nguntul, sebengné buut
paling. Apa panadiné, yén sing ada ané nyidang ngubadin penyakité nénénan.
Petengné ia sing nyidang pules.
Sakit genit di awakné cara siuan uled ané ngurik ngerikrik awakné. Gelur-gelur
ia ngaukin somahné, nanging somahné, telpune Gede Bayu, sing guan jemaka. Luh
Manik buka anaké buduh. Uyang paling sing nyidang naanang sakitné. Kulitné ané
alus, jani suba melepuh berung cara berung tahunan, ngawi ambu bangké berek.
Telpuné mamunyi sing pegatan. Luh
Manik ngénggalang nyemak, mirib ento telpun uli Gede Bayu, utawi somahné.
Tingalina adané uli Linda timpal club-né.
“ Luh Manik, tiang suba di bali spa,
énggalang mai, ada produk baru asli isin laut ané paling daleme khasiatné lebih
hebat tekén lumpur laut mati oksidanné tinggi.”
Luh Manik makesyab. Blackberry-né maglebug. Lumpur laut
mati….